Jakarta, CNN Indonesia — Meski makin dilirik para capres buat berkampanye lewat fitur Live, TikTok tak mengizinkan penggalangan dana lewat platform video tersebut.
“Permintaan untuk penggalangan dana kampanye oleh GPPPA (akun pemerintahan, partai politik, dan politikus) tidak diizinkan di platform ini,” menurut keterangan TikTok Indonesia kepada CNNIndonesia.com, Jumat (5/1).

“Ini (pelarangan) mencakup konten, seperti video politikus yang meminta donasi atau partai politik yang mengarahkan orang-orang ke halaman donasi di situs web mereka,” tegas Tiktok
Berdasarkan penjelasan di halaman Support TikTok, platform media sosial asal China itu akan mengklasifikasikan akun politik, dengan GPPPA secara otomatis masuk dalam golongan ini.

Khusus akun berbau politik, TikTok menerapkan sejumlah kebijakan khusus. Niatnya, demi mencegah penyalahgunaan fitur-fitur tertentu. Jika live akun masyarakat umum bisa ‘disawer’ alias diberikan gift, mereka yang diklasifikasikan dalam kelompok politik tak bisa menerima perlakuan serupa. Singkatnya, akun-akun politik tak bisa memonetisasi kontennya.

Ada juga poin khusus soal larangan penggalangan dana kampanye di TikTok. Mereka memandang penggalangan dana kampanye tak bisa dilanggengkan di platform tersebut, sama seperti pelarangan iklan politik yang sudah lebih dulu diterapkan TikTok. “Keduanya (iklan politik dan penggalangan dana kampanye) tidak selaras dengan tujuan kami menciptakan TikTok sebagai tempat yang menyatukan semua orang,” tulis penjelasan di halaman resmi TikTok.

Belakangan, calon presiden hingga calon wakil presiden mulai aktif memanfaatkan fitur live TikTok untuk menggaet para pemilih muda.

Di antara capres-cawapres lain, capres nomor urut 1 Anies Baswedan menjadi yang nomor wahid siaran langsung di platform tersebut.
Tak lama berselang, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo juga ikut live TikTok. Siaran langsung pertama Ganjar di masa kampanye Pilpres 2024 ini dimulai pada awal Januari 2024, di mana ia bersama istri duet live dengan sang putra, Alam Ganjar.

Setelah itu, Ganjar, dengan setelan kemeja putih, juga kembali melakukan siaran langsung di TikTok pada Kamis (4/1).

Baca artikel CNN Indonesia “TikTok Larang Akun Politikus dan Parpol Disawer Gift saat Live”

 

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *